RSS

Tugas kuliah online psychology service “MOTIVASI”

07 Feb
  1. Buat kesimpulan materi diatas ?

Motivasi adalah suatu keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiata-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.

Model-Model Motivasi :

  1. Model tradisional (Aliran Manajemen Ilmiah F. Taylor )

Adalah model yang agar hasil pekerjaan lebih banyak berproduksi dan lebih banyak menerima penghasilan. contoh : Para pekerja diberikan insentif / penghargaan (uang) untuk memotivasi dalam melaksanakan pekerjaannya.

  1. Model Hubungan Manusiawi (Elton Mayo)

Adalah model yang memotivasi bawahan karena manager memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial mereka dan membuat mereka merasa berguna, dihargai dan penting. contoh: karyawan diberi kebebasan untuk membuat keputusan sendiri dalam hal pekerjaannya.

  1. Model Sumber Daya Manusia (McGregor dan Maslow)

Adalah model dimana para karyawan dimotivasi oleh beberapa factor, tidak hanya uang atau keinginan untuk mencapai kepuasan, tetapi juga kebutuhan untuk berprestasi dan memperoleh pekerjaan yang berarti. contoh : karyawan diberi tanggung jawab yang lebih besar untuk pembuatan keputusan dan pelaksanaan tugas.

Teori-Teori Motivasi :

1. Teori-teori Petunjuk

                Teori yang didasarkan atas coba-coba atau pengalaman manager                kepada karyawan.

2. Teori – teori isi (teori kebutuhan)

Adalah teori yang berkenaan dengan pertanyaan “apa penyebab-penyebab perilaku atau memusatkan pada pertanyaan “apa” dari motivasi.

Penyebab-penyebab perilaku terjadi dan berhenti :

  1. Kebutuhan-kebutuhan atau dorongan-dorongan, memacu dan menguatkan karyawan untuk melakukan kegiatan
  2. Hubungan karyawan dengan faktor ekternal (insentif) yang mempengaruhi karyawan untuk melaksanakan kegiatan

Hirarki kebutuhan Maslow

Abraham Marslow berpendapat bahwa dalam setiap diri manusia terdapat hierarki dari lima kebutuhan,    yaitu :

  1. Fisiologis (rasa lapar, haus, seksual, dan kebutuhan fisik lainnya)
  2. Rasa aman (rasa ingin dilindungi dari bahaya fisik dan emosional)
  3. Sosial (rasa kasih sayang, kepemilikan, penerimaan, dan persahabatan)
  4. Penghargaan (faktor penghargaan internal dan eksternal)
  5. Aktualisasi diri (pertumbuhan, pencapaian potensi seseorang, dan pemenuhan diri sendiri)

Teori Motivasi Pemeliharaan (Herzberg)

                1. Motivator mempunyai pengaruh meningkatkan prestasi atau kepuasan kerja

                2. Faktor-faktor pemeliharaan mencegah merosot nya semangat kerja atau                efisiensi, tetapi faktor ini akan menimbulkan ketidakpuasan kerja atau                menurunkan produktifitas.

Teori Prestasi dan Mc Clelland

Bahwa orang yang berprestasi mempunyai karakteristik

tertentu yang dapat dikembangkan yaitu :

                1. Menyukai pengambilan resiko yang layak sebagai fungsi keterampilan bagi            hasil yang dicapai

                2. Mempunyai kecenderungan untuk menetapkan tujuan-tujuan prestasi yang            layak dan menghadapi resiko yang sudah diperhitungkan

                3. Mempunyai kebutuhan yang kuat akan umpan balik tentang apa yang telah            dikerjakan

            4. Mempunyai keterampilan dalam perencanaan jangka panjang dan            memiliki kemampuan-kemampuan organisasional

 2. Kenapa motivasi dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam bidang pelayanan ?

Karena apabila seorang pelayan dapat memotivasi diri sendiri dalam melakukan pelayanan kepada tamu / pelanggan maka kita sebagai seorang pelayan akan dapat melakukan pelayanan prima kepada tamu maka tamu akan senang kepada kita atas pelayanan yang telah kita berikan yang dapat membuat tamu kembali lagi ke tempat kita(dalam konteks ini hotel) yang membuat produktifitas kerja kita sebagai pelayan akan meningkat.

Contoh motivasi seorang pelayan dalam melakukan pekerjaannya :

  • Menganggap kerja sebagai hal yang menyenangkan, seperti halnya istirahat atau bermain.
  • Berlatih mengendalikan diri dan emosi untuk mencapai berbagai tujuan.
  • Belajar untuk menerima, mencari, dan bertanggungjawab atas pekerjaan yang telah diberikan atasan kepadanya.

3. Apa hubungan motivasi dengan pelayanan ? jelaskan !

Tamu akan terpengaruh oleh apa yang diterima dalam proses pelayanan hotel. Apabila pelayanan yang dirasakannya sesuai dengan harapannya maka akan tercipta rasa puas kepada tamu tersebut. Motivasi untuk tetap menjadi tamu akan timbul apabila tamu merassa puas dan bersikap loyal kepada hotel tersebut. Yang pada akhirnya akan memberikan manfaat kepada hotel, yaitu menciptakan hubungan yang baik dengan tamu yang akan bersedia kembali lagi dan memungkinkan tamu akan melakukan promosi dari mulut ke mulut kepada relasi terdekatnya. Yang tentunya akan menguntungkan pihak hotel itu sendiri.



  1.  4. Apa yang maksud dengan hirarki maslow dalam motivasi ? jelaksan dan berikan contoh !Abraham Marslow berpendapat bahwa dalam setiap diri manusia terdapat hierarki dari lima kebutuhan,    yaitu :

    1. Fisiologis (rasa lapar, haus, seksual, dan kebutuhan fisik lainnya)
    2. Rasa aman (rasa ingin dilindungi dari bahaya fisik dan emosional)
    3. Sosial (rasa kasih sayang, kepemilikan, penerimaan, dan persahabatan)
    4. Penghargaan (faktor penghargaan internal dan eksternal)
    5. Aktualisasi diri (pertumbuhan, pencapaian potensi seseorang, dan pemenuhan diri sendiri)

Maslow memisahkan lima kebutuhan ke dalam urutan-urutan. Kebutuhan fisiologis    dan rasa aman dideskripsikan sebagai kebutuhan tingkat bawah sedangkan kebutuhan    sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri sebagai kebutuhan tingkat atas. Perbedaan    antara kedua tingkat tersebut adalah dasar pemikiran bahwa kebutuhan tingkat atas    dipenuhi secara internal sementara kebutuhan tingkat rendah secara dominan dipenuhi    secara eksternal.

 

5. Apa yang anda ketahui tentang teori prestasi dan MC Clelland ?

  1. Teori kebutuhan McClelland dikembangkan oleh David McClelland dan teman-temannya. Teori kebutuhan McClelland berfokus pada tiga kebutuhan yang didefinisikan sebagai berikut:

    1. kebutuhan berprestasi: dorongan untuk melebihi, mencapai standar-standar, berusaha keras untuk berhasil.
    2. kebutuhan berkuasa: kebutuhan untuk membuat individu lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya.
    3. kebutuhan berafiliasi: keinginan untuk menjalin suatu hubungan antarpersonal yang ramah dan akrab.
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 7, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: